Saturday, May 15, 2010

perkalian cepat dengan angka terakhir 5 (keajaiban angka 5)


sebenarnya saya sudah lama ingin mempostingkan artikel ini, tapi berhubung saya manusia yang pelupa dan juga saya masih terlalu minder dengan kemampuan saya yang gak seberapa ini, jadi tertundalah dan baru saya postingkan sekarang. dan ada alasan lain yang membuat saya ragu untuk mempostingkan tulisan ini. saya takut dibilang plagiat, dan setelah saya cek berulang - ulang dengan hunting ke blog-blog lain, ternyata eh ternyata belum ada yang mempostingkan tentang perkalian cepat angka terakhir 5.
perkalian cepat ini dapat dilakukan diluar kepala dan bisa sangat cepat diketahui hasilnya dibandingkan kita menghitung dengan kalkulator. tapi hal itu dilakukan apabila anda memang menguasai penghitungan dasar yaitu perkalian, penjumlahan, pengurangan, pembagian diluar kepala. gak percaya.....anda bisa buktikan dengan saya.....tapi kalo saya lagi konsen ya...hahahahahaha. kita mulai saja tutorial perkalian cepatnya :
perkalian cepat angka kembar
contoh
45 x 45 = .......?
kalo kita hitung pakai kalkulator pasti jawaban 2025 (benarkan, pasti benar, kalo salah kalkulatornya kali yang rusak)
kalo kita hitung pake jalan
45
45
___x_
225
180
_____+_
2025
cara cepatnya :

  1. untuk hasil angka depannya anda kalikan angka depannya yaitu 4 x 4 = 16 kemudian ditambahkan dengan angka depan tersebut jadi 16 + 4 = 20

  2. untuk hasil 2 angka dibelakang anda kalikan saja 5 x 5 = 25
so hasil keseluruhannya yaitu 2025, coba anda tes dengan teman anda yang menggunakan kalkulator..........siapa yang cepat menghitungnya......
perkalian cepat angka angka depan genap – genap atau ganjil – ganjil
contoh :
85 x 45 =.......?
kalo kita hitung pake kalkulator pasti jawabannya 3825 begitu juga kalo kita hitung pake jalan.
Cara cepatnya :

  1. untuk angka depannya anda kalikan 4 x 8 = 32 kemudian kita tambahkan dengan penjumlahan angka depan yang dibagi 2 (4 + 8 : 2 = 6) jadi hasilnya 32 + 6 = 38

  2. untuk angka belakangnya kita kalikan saja 5 x 5 = 25
jadi hasil keseluruhan sama dengan 3825, ok tes lagi sama teman anda siapa yang paling cepat menghitungnya?. Untuk angka depannya ganjil – ganjil sama aja caranya kok seperti diatas.
Perkalian cepat angka depannya ganjil – genap
contoh :
65 x 95 = …....?
hasil dari kalkulator ato pake jalan adalah 6175
nah ini agak rumit caranya jadi perhatian benar – benar ya

  1. untuk angka depannya kita kalikan terlebih dahulu yaitu 9 x 6 = 54 kemudian hasil tersebut di tambahkan dengan penjumlahan dari angka depan tersebut dibagi 2 yaitu 9 + 6 : 2 = 15 : 2 = 7,5 so kita ambil angka genapnya saja yaitu 7, jadi 54 + 7 = 61

  2. untuk angka belakangnya karena angka depannya ganjil genap maka hasilnya selalu 75, alasannya...sebenarnya penemuan asli saya sih........jadi klo menurut penelitian saya angka 75 itu berasal dari perkalian 5 x 5 + 50 (sisa hasil dari langkah pertama yaitu 0,5 itu disamakan dengan 50)...itu menurut aye ye....gak tau menurut ilmuwan matematika ...hehehehhehe
jadi hasil akhirnya adalah 6175, cemana jenius khan aku (heheheh narsis mode on)
sekian dulu postingan aku yang gak seberapa ini yang mungkin dapat kamu gunakan untuk tes pns, tes masuk kerja, tes SUMPTN, ato untuk pamer ma teman – teman ….....ntar klo ada perkalian² cepat lain yang bisa saya bagikan akan saya postingkan secepatnya untuk anda – anda semua. Sekian dan terima kasih.
Sumber Pustaka : Asli penemuanku yang sudah tersimpan dari aku SD ketika mengikuti lomba mata pelajaran Matematika sekelurahan. Jadi kalo ada yang mau copas silakan aja asal di cantumkan sumber aslinya ya.....gak dipungut bayaran kok …..:) peace

No comments: